Sabtu, 08 Juni 2013

Press Release "Bebas Bicara"

Kenapa musik rock menjadi sebuah musik yang tak pernah mati? Karena musik ini mempunyai kekuatan yang luar biasa. Menggetarkan kita lewat musiknya dan membuka pikiran kita lewat lirik-lirik yang kadang bandel. Dengan pemikiran seperti itu maka terbentuklah sebuah band yang bernama Kunci pada tahun 2001. Kunci beranggotakan Dendy ( vokal ), Nyonk ( gitar ), Dedy Kalis ( gitar ), Cho-q ( bass ), dan Ade ( drum ). Pada tahun 2003 album perdana Kunci yang bertajuk Kunci dirilis oleh Warner Music Indonesia dan diproduseri oleh Pay BIP, single pertama mereka berjudul 'Basi', pada waktu itu lagu sempat menjadi chart top 10 di stasion radio di daerah.



Seiring perjalanan naik turunnya industri musik di Indonesia, Kunci berhasil melewatinya pada tahun 2004 Kunci memulai masuk studio untuk penggarapan album kedua mereka, namun karena adanya perbedaan visi disaat proses pembuatan album kedua maka posisi Dedy Kalis pada gitar digantikan oleh Erwin Setiawan ( Ewink ), setelah melewati berbagai masalah internalnya maka Kunci berhasil merilis album kedua mereka yang berjudul ’Terbuka’ dengan label dan produser yang sama seperti album pertama.
Album ini sarat akan skill, segala bentuk idealisme mereka sangat terlihat di album ini. Album ini sangat energik, sarat dengan kritik sosial dan idealisme mereka yang terpendam. Single pertama di album ’Terbuka’ adalah ’Hidup Hanya Sekali’ dan single keduanya lagu yang bertempo rendah berjudul ’Tanpa Rencana’. Tidak lama setelah rilis album kedua Cho-q hengkang karena alasan visi juga, kurang lebih 6 bulan Kunci tidak mempunyai pemain bass, hingga video klip single kedua ’Tanpa Rencana’ Kunci shooting hanya berempat, dan untuk show Kunci memakai additional bassis. Setelah pencarian lama pada bulan Agustus 2006, Kunci menemukan pemain bass yang sangat pas secara atitude, skill dan referensi musik yang bernama A. Farid M ( borez ) ex. Scope. Dengan formasi ini, Manajemen Kunci yakin ini adalah formasi yang sangat kuat.
Kunci akhirnya kembali dengan album ketiga bertajuk '1 = Sama' dengan single yang sama dengan judul album mereka. Lagu tersebut bisa disebut juga Mars KunciAn, Lagu yang pernah menjadi Original Sountrack sebuah acara ajang pencarian bakat di salah satu stasiun tv swasta (Mamamia, Indosiar) ini lumayan menyedot perhatian masyarakat karna lirik nya yg membangun dan mengajak semua orang untuk menghargai arti sebuah perbedaan, karena pada hakikatnya kita semua adalah sama. Kunci juga meluncurkan single kedua berjudul 'Aku Bukan Dirinya' dengan nuansa yg lebih slow dibanding single pertama mereka.

Press Release
Bebas Bicara – KUNCI
Cipt. Prasetya Belati Putra
Label : 18 MUSIK

KUNCI, sebagai sebuah Band yang telah lama melakukan berbagai macam manuver aksi dan karyanya di atmosfir dunia musik Indonesia, perjalanan band yang digawangi oleh Iwan ‘Uban’ (Vokal), Nyonk (Gitar), Ewink (Gitar), Bores (Bass) dan Ade (Drum) ini dirasakan cukup panjang dan penuh dengan aral melintang. Perjalanan dengan cukup banyak permasalahan dan beragam intrik yang harus mereka lalui. Dari masalah internal band yang harus bergelut dengan ‘masalah klasik’ pergantian personil (pada posisi Vokal), sampai pada usaha-usaha melelahkan untuk bertahan dalam derasnya arus musik Indonesia dan juga industrinya.
Dan semua hal tersebut mereka rasakan sebagai tantangan yang cukup berat, namun hal itu bahkan tak sedikit pun mampu mematahkan semangat mereka ketika harus berkutat dalam proses pendewasaan dan pematangan KUNCI sebagai sebuah Band. Semua permasalahan yang mereka alami itu pun, dapat mereka hadapi dengan kedewasaan para personilnya, berbekal semangat dan kepercayaan mereka pada kata; ‘PERJUANGAN’ dan makna ‘KEJUJURAN’ dalam bermusik yang selalu mereka yakini dan terapkan hingga saat ini.
Kini KUNCI kembali dengan materi baru, dengan musik yang sedikit berbeda dengan balutan warna vokal, energi dan tentunya dengan sikap yang baru. Dengan penuh kejujuran, mereka berbicara tentang kritik sosial di masyarakat Indonesia, cinta serta kehidupan, hingga tentang nasionalisme. Konsep musik pun sedikit berubah, KUNCI kini lebih kearah progresif, seperti memadukan string Oni Sa’unine pada lagu ‘Cinta Sejati’ dan brass section Oni Sa’unine pada lagu ‘Dunia’. Di album ke empat ini mereka memilih ‘Bebas Bicara’ menjadi single pertamanya, lagu ini sarat akan rasa nasionalisme. Seiring isu rasa nasionalis anak bangsa yang kini mulai terasa pudar, KUNCI membantu untuk mengingatkan pentingnya nasionalisme dan kebebasan rakyat untuk berbicara tanpa perlu dibatasi oleh pihak-pihak tertentu.
Semoga lagu ini mampu mewakili suara-suara rakyat yang ingin berteriak atas kecintaan terhadap bangsanya. Maju terus musik Indonesia, Sejahtera Bangsanya.. Merdeka!

KUNCI - Bebas Bicara.mp3 (Free Download)


KUNCI - Bebas Bicara (Video Klip, Youtube)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar